Pemkot Kendari dan BNPB RI Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

93
Pemkot Kendari dan BNPB RI Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Pemerintah Kota Kendari bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI mengadakan Rapat Koordinasi tanggap darurat, penyerahan bantuan dana operasional, serta bantuan logistik dan peralatan, pada hari Sabtu (9/3/2024). (Foto : istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI mengadakan Rapat Koordinasi tanggap darurat, penyerahan bantuan dana operasional, serta bantuan logistik dan peralatan, pada hari Sabtu (9/3/2024).

Rapat yang berlangsung di ruang Rapat Wali Kota, Kantor Balai Kota Kendari ini, dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi bencana banjir di Rumah Sakit Anna, Jalan Lasolo, dapur umum, dan posko kesehatan di Kelurahan Kampung Salo.

Tenaga Ahli Kepala BNPB RI Brigjen Purn Jahidin Chailo mengatakan, BNPB RI hadir untuk melihat kondisi masyarakat dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota.

BACA JUGA :   Banjir di Kendari, Rumah Warga di Jalan Lasolo Hanyut Terseret Arus

“Dengan adanya masyarakat yang kena dampak ini, mudah-mudahan kami bisa beri pertolongan atau bantuan terkait dengan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat, seperti logistik, makanan maupun kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Brigjen Jahidin juga mengapresiasi respon cepat Pemerintah Kota dalam menangani bencana banjir.

“Jadi, semua bisa tertangani meskipun penanganan ini dilakukan secara bertahap di tiap titik lokasi banjir, saya juga sudah sampaikan di masyarakat untuk saling membantu bukan hanya dari pemerintah dan BPBD saja, tetapi seluruh masyarakat untuk bisa terlibat,” ujarnya.

BACA JUGA :   Banjir Kembali Melanda Kota Kendari, Sejumlah Lokasi Terendam

Pj Wali Kota Kendari Muhamad Yusup menyampaikan rasa prihatin atas kondisi yang terjadi.

“Dua titik di Jalan Lasolo dan Kampung Salo mengalami dampak besar akibat banjir,” tuturnya.

“Sejak kejadian, Pemerintah Kota sudah hadir membantu evakuasi dan menangani pengungsi. Hari ini, kami kembali untuk melihat kondisi pasca banjir pada tanggal 6-7 Maret 2024,” lanjutnya.

Pj Wali Kota Kendari berharap bantuan dari BNPB RI dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak banjir. (*)