Plastic Odyssey Mampir di Kendari untuk Memerangi Polusi Plastik

69
Plastic Odyssey Mampir di Kendari untuk Memerangi Polusi Plastik
Plastic Odyssey Mampir di Kendari untuk Memerangi Polusi Plastik

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Kapal Plastic Odyssey, sebuah kapal asal Prancis yang memiliki misi memerangi polusi plastik, singgah di Pelabuhan Nusantara Kota Kendari pada hari Jumat (21/6/2024). Kapal ini membawa teknologi canggih untuk mengubah plastik menjadi produk bernilai ekonomi.

Kedatangan Plastic Odyssey di Kendari menandai awal dari sebuah perjalanan melawan permasalahan global sampah plastik. Asisten I Setda Kota Kendari, Amir Hasan, mengungkapkan bahwa ekspedisi ini bukan hanya berlayar, tetapi juga untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat tentang solusi kreatif dalam menghadapi masalah lingkungan yang mendesak.

BACA JUGA :   Penampilan Kotak Band Mewarnai Puncak Perayaan HUT Kendari ke-193

“Kapal ini dilengkapi dengan fasilitas daur ulang yang canggih, yang dapat mengubah limbah plastik menjadi bahan baku yang berguna, seperti bahan bakar alternatif atau bahkan bahan bangunan ramah lingkungan,” jelas Amir Hasan.

Alexander de Dechelotte, Co-Founder Plastic Odyssey, menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Indonesia dalam mengatasi krisis lingkungan akibat sampah plastik.

BACA JUGA :   Brigjen Dwi Irianto Resmi Dilantik Menjadi Kapolda Sulawesi Tenggara

“Sampah plastik adalah masalah global yang juga ditemukan di berbagai negara selain Indonesia. Selama perjalanan keliling dunia, Plastic Odyssey mendemonstrasikan teknologi daur ulang yang mengubah sampah menjadi produk bermanfaat,” ujarnya.

Plastic Odyssey akan berada di Kota Kendari selama 5 hari. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan. (*)