Sultra Maimo Cinta Rupiah: Sinergi Membangun Ekonomi Daerah Melalui UMKM dan Pariwisata

26
Sultra Maimo Cinta Rupiah: Sinergi Membangun Ekonomi Daerah Melalui UMKM dan Pariwisata
Sultra Maimo Cinta Rupiah: Sinergi Membangun Ekonomi Daerah Melalui UMKM dan Pariwisata

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Dalam rangka memperkuat kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sultra berkolaborasi meluncurkan program “Sultra Maimo Cinta Rupiah”.

Acara peluncuran yang diadakan di Atrium Mall-The Park Kendari pada hari Jumat, 7 Juni 2024 ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio yang mewakili Pj. Gubernur Sultra, Deputi Bank Indonesia Doni P. Joewono, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno, serta berbagai pejabat daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Memperkuat UMKM dan Pariwisata

Sultra Maimo Cinta Rupiah bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta, bangga, dan paham rupiah pada masyarakat Sultra. Program ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya melalui penguatan UMKM dan pengembangan sektor pariwisata.

Sekda Sultra Asrun Lio dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas inisiatif program ini dan menyatakan komitmen Pemprov Sultra untuk memberikan dukungan penuh. “Sultra Maimo Cinta Rupiah sejalan dengan visi kami untuk menjadikan Sultra sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, inklusif, dan berdaya saing,” ujar Asrun Lio.

Berbagai Kegiatan Sultra Maimo Cinta Rupiah

Acara Sultra Maimo Cinta Rupiah dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti:

  • Fashion show tenun daerah hasil karya Dekranasda Prov. Sultra
  • Sambutan dari Deputi Bank Indonesia Doni P. Joewono dan Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno
  • Pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM
  • Promosi destinasi wisata unggulan Sulawesi Tenggara
  • Pengembangan infrastruktur pendukung pariwisata
  • Harapan dan Ajakan

Melalui program ini, diharapkan terjalin kolaborasi yang kuat antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mewujudkan Sultra yang maju dan mandiri melalui UMKM dan pariwisata. Sekda Sultra Asrun Lio mengajak para pelaku usaha untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta mengajak seluruh masyarakat Sultra untuk turut berperan aktif dalam memajukan ekonomi daerah dengan membeli dan menggunakan produk lokal.

Sultra Maimo Cinta Rupiah merupakan langkah nyata untuk membangun ekonomi daerah yang kuat dan berkelanjutan melalui sinergi berbagai pihak. Dengan semangat cinta, bangga, dan paham rupiah, diharapkan program ini dapat membawa kemajuan bagi Sultra dan masyarakatnya.