Viral! Kotak Suara di Kendari Ditemukan Tak Tersegel

68
Viral! Kotak Suara di Kendari Ditemukan Tak Tersegel
Sebuah video berdurasi 28 detik yang menunjukkan kotak suara di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak tersegel usai pencoblosan di TPS, viral di media sosial. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM,KENDARI – Sebuah video berdurasi 28 detik yang menunjukkan kotak suara di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak tersegel usai pencoblosan di TPS, viral di media sosial.

Video tersebut memperlihatkan kotak suara berwarna putih yang terbungkus plastik tanpa segel tali ties (kabel ties) di dalam sebuah gudang. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan kecurigaan publik terhadap keamanan suara pemilu.

Menanggapi hal tersebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kendari bergerak cepat untuk mengusut peristiwa tersebut. Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi dan sedang menyelidiki penyebab tidak tersegelnya kotak suara tersebut.

BACA JUGA :   Hasil Quick Count Versi THI: Kejutan Caleg DPR RI di Dapil Sultra, Pendatang Baru Ungguli Petahana

“Iya (sedang diusut). Kita sudah lihat itu (tak tersegel) dan mereka (Panwascam) dua hari ini sudah mengambil keterangan terhadap penyebab tidak tersegelnya,” kata Sahinuddin dikutip dari detik.com, Selasa (20/2/2024).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) mengaku lupa menyegel kotak suara setelah pencoblosan. Kotak suara tersebut langsung dibawa ke gudang PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) tanpa melalui proses penyegelan yang sesuai dengan prosedur.

BACA JUGA :   Hitung Cepat THI: Abdul Razak dan AJP Memimpin Perolehan Suara Pileg DPRD Sultra Dapil Kendari

“Mereka membungkus plastik dan melakban, tapi lupa di-ties (segel kabel ties),” ungkap Sahinuddin.

Sahinuddin pun merekomendasikan kotak suara TPS tersebut didahulukan untuk proses pleno. Hal itu guna menyamakan data yang ada. (*)