Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Qatar, Wasit Nasrullo Kabirov Buat Keputusan Kontroversi

147
Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Qatar, Wasit Nasrullo Kabirov Buat Keputusan Kontroversi
Timnas Indonesia U-23 memulai langkahnya di Piala Asia U-23 2024 dengan kekalahan 0-2 dari Qatar pada matchday pertama Grup A di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Senin (15/4/2024) malam WIB. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COMTimnas Indonesia U-23 memulai langkahnya di Piala Asia U-23 2024 dengan kekalahan 0-2 dari Qatar pada matchday pertama Grup A di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Senin (15/4/2024) malam WIB.

Kekalahan ini diwarnai beberapa keputusan kontroversial wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, yang memantik perdebatan. Dia mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Ivar Jenner di babak kedua dan kartu merah untuk Ramadhan Sananta di akhir laga, serta tidak memberikan sanksi yang tegas atas pelanggaran keras pemain Qatar.

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama:

Timnas Indonesia U-23 menunjukkan perlawanan sengit di awal pertandingan.

Qatar mengancam gawang Indonesia pada menit ke-17, namun tembakan Mahdi Salem masih bisa diblok Ernando Ari.

Qatar memastikan kemenangan berkat sepasang gol dari bola mati. Gol pertama mereka bukukan via sepakan penalti Khaled Ali bin Sabaa (45+1).

BACA JUGA :   Timnas Indonesia Menggila di Hanoi, Bantai Vietnam 3-0!

Babak Kedua:
Indonesia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-46 setelah Ivar Jenner mendapat kartu kuning kedua.

Qatar memimpin pada menit ke-54 melalui tendangan bebas Al Rawi yang mengenai tiang gawang dan kemudian masuk ke gawang Ernando Ari.

Indonesia mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-56, namun tendangan bebas Arhan masih melambung di atas mistar gawang Qatar.

Marselino Ferdinan dan Nathan Akbarsyah Siregar nyaris mencetak gol pada menit ke-62 dan 69, namun peluang mereka masih gagal.

Qatar menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-80 melalui tendangan Almoez Ali yang memanfaatkan bola liar di kotak penalti.

BACA JUGA :   Egy Bawa Indonesia Raih Kemenangan Krusial atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia harus bermain dengan 9 orang di sisa waktu pertandingan setelah Ramadhan Sananta mendapat kartu merah langsung karena pelanggaran keras.

Skor 2-0 untuk Qatar bertahan hingga akhir pertandingan.

Kontroversi Wasit:
  • Keputusan wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Ivar Jenner dan kartu merah untuk Ramadhan Sananta menuai kritik dari banyak pihak.
  • Banyak yang menilai bahwa pelanggaran yang dilakukan Jenner dan Sananta tidak cukup keras untuk diganjar kartu merah.
  • Selain itu, wasit juga dinilai tidak tegas dalam memberikan sanksi atas pelanggaran keras pemain Qatar.
Pertandingan Berikutnya:

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (18/4/2024) malam WIB.