Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Uzbekitan, Kinerja Wasit Shen Yinhao Jadi Sorotan

204
Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Uzbekitan, Kinerja Wasit Shen Yinhao Jadi Sorotan
Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Uzbekitan, Kinerja Wasit Shen Yinhao Jadi Sorotan

LENSATENGGARA.COMTimnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-2 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan pada Senin (29/4/2024) malam itu diwarnai dengan beberapa keputusan kontroversial dari wasit.

Uzbekistan tampil menekan sejak awal pertandingan dan mendominasi penguasaan bola. Mereka beberapa kali mengancam gawang Indonesia yang dijaga oleh Ernando Ari, namun skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Indonesia sempat mencetak gol di menit ke-61 melalui Muhammad Ferarri. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit Shen Yinhao karena Sananta dianggap offside.

BACA JUGA :   Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Qatar, Wasit Nasrullo Kabirov Buat Keputusan Kontroversi

Keputusan kontroversial itu membuat para pemain dan official Indonesia kecewa. Tak lama setelah itu, Uzbekistan berhasil mencetak gol melalui Norchaev di menit ke-68.

Indonesia kemudian bermain dengan 10 orang setelah Rizky Ridho diusir keluar lapangan karena kartu merah di menit ke-84. Uzbekistan memanfaatkan situasi itu dengan menambah gol keunggulan melalui gol bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-86.

BACA JUGA :   Kalahkan Australia 1-0, Indonesia Naik Peringkat Kedua Group A Piala Asia U-23

Skor 2-0 untuk Uzbekistan bertahan hingga akhir pertandingan. Indonesia pun gagal melaju ke final dan harus puas memperebutkan medali perunggu.

Beberapa momen kontroversial dalam pertandingan ini menjadi sorotan. Selain gol yang dianulir, kartu merah Rizky Ridho juga dianggap banyak pihak sebagai keputusan yang berlebihan.

Kegagalan di semifinal ini tentu menjadi kekecewaan bagi Timnas Indonesia U-23. Namun, mereka masih memiliki peluang untuk meraih medali perunggu di perebutan tempat ketiga.