Bantuan CSR PT WIN Wujud Kepedulian Perusahaan terhadap Masyarakat Lingkar Tambang

233
Bantuan CSR PT WIN Wujud Kepedulian Perusahaan terhadap Masyarakat Lingkar Tambang
Bantuan pembangunan masjid yang diberikan manajemen PT. WIN di Masjid Nurul Jihad, Desa Torobulu, Konsel, senilai 200 juta rupiah. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KONAWE SELATANPT Wijaya Inti Nusantara (WIN), perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat lingkar tambang. Bantuan tersebut diserahkan pada Sabtu (7/10/2023) di Desa Torobulu, Kecamatan Torobulu, Konawe Selatan (Konsel).

Bantuan CSR yang diserahkan PT WIN kepada masyarakat lingkar tambang berupa dana atau materi untuk pembangunan masjid dan gereja, pembangunan kantor desa, pembangunan fasilitas olahraga, sarana pendidikan, dan bantuan pembangunan fasilitas penyediaan air bersih berupa sumur bor.

Bantuan CSR PT WIN Wujud Kepedulian Perusahaan terhadap Masyarakat Lingkar Tambang
PT WIN menyerahkan bantuan senilai 100 juta rupiah untuk kelanjutan proses pembangunan kantor desa.

Bantuan pembangunan masjid yang diberikan manajemen PT. WIN di Masjid Nurul Jihad, Desa Torobulu, Konsel, senilai 200 juta rupiah. Bantuan ini diserahkan langsung manajemen perusahaan kepada pengelola masjid, untuk dipergunakan sebagai anggaran pembangunan lanjutan.

“Atas bantuan dari PT WIN, kami berharap proses pembangunan Masjid Nurul Jihad Desa Torobulu dapat berjalan lancar,” kata Abdul Razak, bendahara Masjid Nurul Jihad Torobulu, kepada awak media usai menerima bantuan dari PT WIN, Sabtu (7/10/2023).

Selain bantuan pembangunan masjid, PT WIN juga turut memberikan bantuan untuk pembangunan Gereja di wilayah Punggaluku, yaitu Gereja Pantekosta Indonesia. Bantuan yang diserahkan sebesar 20 juta rupiah untuk kelanjutan pembangunannya.

Pada sektor pengembangan olahraga, PT WIN turut membantu memberikan dana pembangunan lapangan bola voli sebesar 20 juta rupiah kepada pengurus Karang Taruna desa. Harapannya, bisa melahirkan bibit-bibit atlet potensial dari Torobulu ke depannya.

Bantuan CSR PT WIN Wujud Kepedulian Perusahaan terhadap Masyarakat Lingkar Tambang
PT WIN turut membantu memberikan dana pembangunan lapangan bola voli sebesar 20 juta rupiah kepada pengurus Karang Taruna desa

Sementara untuk kelancaran proses pemerintahan di desa, PT WIN juga menyerahkan bantuan senilai 100 juta rupiah untuk kelanjutan proses pembangunan kantor desa.

Kepala Desa Torobulu, Nilham, mengakui, dengan berbagai jenis bantuan dari PT WIN yang sudah diberikan selama ini kepada masyarakat untuk kepentingan keagamaan, olahraga, hingga kepada pemerintah desa hari ini tidak bisa dipungkiri kehadiran perusahaan ini di wilayah Torobulu cukup memberikan efek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Dilihiat apa saja yang diusulkan oleh masyarakat ataupun kebutuhan secara umum oleh pemerintah desa selalu direalisasikan oleh PT WIN,” terang Nilham.

Nilham juga menyampaikan bahwa pembangunan kantor desa di wilayahnya tidak menggunakan dana desa, melainkan melalui dana Community Development (Comdev) PT. WIN yang selama ini diberikan sebagai bentuk kontribusinya.

Project Manager PT WIN, Muhammad Nuriman Jaelani, mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat lingkar tambang tersebut sebagai bentuk kontribusi dan komitmen perusahaan, bahwa perusahaan ini hadir bukan semata-mata hanya untuk mengambil kandungan ore nikel, tetapi bisa memberikan dampak positif, ekonomi, sosial dan lingkungan kepada masyarakat setempat, maupun masyarakat Konsel dan Sultra secara umum.

“Di tahun ini, lanjut dia, bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat sangat beragam, baik dari pembangunan infrastruktur jalan usaha tani, pengerasan lorong-lorong, dan pembagian sembako,” ungkapnya.

Dirinya berharap apa yang sudah diberikan perusahaan selama ini kepada masyarakat, baik bantuan yang berbentuk fisik seperti pembangunan infrastruktur jalan, sumur bor, dan lain-lain bisa dijaga, digunakan, serta dirawat dengan baik sehingga bisa berkepanjangan. (*)