Dekranasda Kendari Tampilkan Tenunan Khasnya di Pameran Kriyanusa Jakarta

80
Dekranasda Kendari Tampilkan Tenunan Khasnya di Pameran Kriyanusa Jakarta
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari mengikuti fashion show pada acara Pameran Kriyanusa yang digelar Dekranas pusat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari mengikuti fashion show pada acara Pameran Kriyanusa yang digelar Dekranas pusat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Busana karya desainer Amir Malik ini, mengangkat tema Kendari bergerak dengan motif tenun Pinetobo. Pinetobo menceritakan keragaman suku yang ada di Kota Kendari Sulawesi Tenggara yang menjadi kesatuan, hidup rukun dan damai di antara suku yang lainnya, juga bisa saling menghargai satu sama lain dan menjunjung tinggi adat dan budaya.

BACA JUGA :   Banjir Kembali Landa Pasar Basah Mandonga Kendari

“Dengan mengangkat kearifan lokal yang bisa kita promosikan ke tingkat nasional dan bahkan internasional,” harap Amir Malik.

Busana yang ditampilkan empat model wanita ini, merupakan pakaian yang bisa digunakan sehari-hari baik acara formal atau resmi, maupun non formal dengan bahan yang halus.

Di ujung fashion show, selain menampilkan sang desainer, tampil juga dengan tenunan khas Kota Kendari Ketua Dekranasda Kota Kendari Siti Chomzah. Penampilan Ketua TP PKK Kota Kendari yang anggun ini, mendapat sambutan meriah dari para hadirin.

BACA JUGA :   Batik Air Bebastugaskan Pilot dan Kopilot yang Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Ketua Dekranasda Kota Kendari Siti Chomzah menjelaskan, Dekrnasda terus mempromosikan tenunan khas Kota Kendari agar semakin dikenal hingga tingkat nasional.

Selain menampilkan tenunan di fashion show, Dekranasda Kota Kendari juga mengikuti pameran dalam kegiatan tersebut. Dalam pameran itu juga ditampilkan anyaman nentu dan kerajinan perak.

“Kerajinan perak ini merupakan andalan Kota Kendari,” ungkapnya.

Rencananya Pameran Kriyanusa ini akan berlangsung hingga 17 September 2023. (*/)