Pemkab Kolaka Gelar Sosialisasi Kemetrologian

96
Pemkab Kolaka Gelar Sosialisasi Kemetrologian
Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kolaka menggelar sosialisasi metrologi di salah satu hotel di Kolaka, Rabu(6/9/2023). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KOLAKA – Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kolaka menggelar sosialisasi metrologi di salah satu hotel di Kolaka, Rabu(6/9/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei. Dalam sambutannya, Bupati Kolaka menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya metrologi.

“Metrologi adalah ilmu untuk mengukur, menimbang, dan menakar. Ilmu ini sangat penting untuk kegiatan transaksi jual beli,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Kolaka Gelar Rakor Persiapan Pemilu 2024 dan Antisipasi Cuaca Ekstrim

Dia juga mengimbau kepada para pelaku usaha di Kolaka untuk mematuhi peraturan mengenai tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP).

“Tera ulang UTTP harus dilakukan secara berkala agar alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang digunakan dalam kegiatan transaksi jual beli akurat,” lanjut dia.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Disperindag Kabupaten Kolaka, Achiruddin, narasumber dari Direktorat Metrologi, Para Camat, serta seluruh peserta sosialisasi.

BACA JUGA :   Pj Gubernur Sultra Lantik Andi Makkawaru Sebagai Pj Bupati Kolaka

Dalam sosialisasi ini, narasumber dari Direktorat Metrologi menyampaikan materi tentang pentingnya metrologi dan peraturan mengenai tera ulang UTTP.

Narasumber juga menjelaskan sanksi yang akan diberikan kepada pelaku usaha yang tidak mematuhi peraturan mengenai tera ulang UTTP.

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Kolaka semakin memahami pentingnya metrologi dan mematuhi peraturan mengenai tera ulang UTTP. (*/)