Pemkab Konsel Dorong Pengembangan Perikanan di Tinanggea

101
Pemkab Konsel Dorong Pengembangan Perikanan di Tinanggea
Pemkab Konsel Dorong Pengembangan Perikanan di Tinanggea

LENSATENGGARA.COM, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Perikanan terus mendorong pengembangan sektor perikanan di daerah pesisir yang potensial. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi ikan dan kesejahteraan nelayan.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, daerah pesisir Kecamatan Tinanggea memiliki potensi yang besar untuk pengembangan perikanan. Salah satunya adalah ketersediaan sarana dan infrastruktur yang memadai.

“Bantuan excavator, Perahu, alat tangkap nelayan dan bantuan lainnya, ini sebagai upaya Pemerintah untuk bersama-sama dalam meningkatkan produksi perikanan dan bisa bermuara pada kesejahteraan nelayan. Serta menjadikan Kabupaten Konawe Selatan sebagai wilayah penyuplai ikan terbesar di Sultra,” kata Surunuddin dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan di TPI Tinanggea, Jumat (17/11/2023).

Bantuan yang diserahkan oleh Pemkab Konsel berupa dua unit excavator, perahu dan mesin, alat tangkap jaring sero, cetak kolam air tawar, bibit rumput laut, tali rumput laut, bubu naga, bubu rajungan, para para, rumah olahan keranjang basket, dan beras.

Bantuan tersebut akan disalurkan ke masing-masing desa di Kecamatan Tinanggea, antara lain Desa Torokeku, Bungin Permai, Moolo Indah, Telutu Jaya, Lanowulu, Lapulu, Akuni, Watumelewe, dan Panggosi.

Kadis Perikanan Konsel Wayan Dharma mengatakan, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Konsel.

Dengan bantuan tersebut, diharapkan produksi ikan di Kabupaten Konsel dapat meningkat dan menjadikan daerah tersebut sebagai wilayah penyuplai ikan terbesar di Sulawesi Tenggara. (*)