Bupati Konsel Mediasi Polemik Pertambangan PT WIN di Torobulu

102
Bupati Konsel Mediasi Polemik Pertambangan PT WIN di Torobulu
Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, turun langsung memediasi polemik pertambangan PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, Senin (9/10/2023). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, turun langsung memediasi polemik pertambangan PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, Senin (9/10/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Surunuddin telah mendengar dan mencatat keluhan serta keresahan warga terkait masalah yang sedang dihadapi di Desa Torobulu. Ia mengatakan bahwa tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Selatan akan segera turun ke lapangan untuk mengecek situasi secara langsung. Setelah itu, akan dirumuskan langkah-langkah penanganan dan solusi yang tepat.

Menanggapi keluhan masyarakat, Bupati Surunuddin menyatakan bahwa pemerintah daerah akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ia pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Saya sudah catat dan mendengarkan semua apa yang disampaikan masyarakat. Sekarang apa yang mau kita lakukan, bagaimana mengurai dampak ini,” Ungkapnya.

Bupati Konsel Mediasi Polemik Pertambangan PT WIN di Torobulu

“Untuk agenda, pertemuan selanjutnya, setelah tim turun ini, dan DLH turun, kita petakan semuanya. Intinya minggu ini kita rapatkan, dan paling lambat Jum’at kita sudah final, nanti kita undang mereka, jangan lama, nanti ada yang provokasi lagi. Mulai besok, kita koordinasikan,” tambahnya.

Bupati Surunuddin juga meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ia menegaskan bahwa pemerintah daerah akan bekerja keras untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat yang terdampak aktivitas pertambangan PT WIN.

“Dan ini yang harus kita ciptakan ini, untuk itu saya hadir hari ini, saya sudah ambil semua datanya, saya belum bisa putuskan sekarang, karena ini saya harus melibatkan Kepala Desa, Kepolisian, Forkopimda, Kejaksaan dan semua yang terkait akan kita undang, supaya kita tunjukkan dasar-dasar aturannya.” Jelasnya.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga
Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga

“Saya hadir ini sebagai pesuruh rakyat, makanya satu saya minta, kita jaga silahturahim, jangan karena “tanah merah” terjadi perpecahan keluarga. Semua masalah dan dampak tambang, ini urusan pemerintah, nanti kita turun tangan,” Tambahnya.

Tindak Lanjut

Berikut adalah tindak lanjut yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah terkait polemik pertambangan PT WIN di Desa Torobulu:

  • Tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konsel akan turun ke lapangan untuk mengecek dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh aktivitas pertambangan PT WIN.
  • Pemerintah daerah akan mengundang perwakilan masyarakat dan PT WIN untuk membahas solusi atas permasalahan yang ada.
  • Pemerintah daerah akan berupaya untuk meminimalisir dampak negatif aktivitas pertambangan PT WIN terhadap masyarakat.

Pemerintah daerah berharap agar polemik pertambangan PT WIN di Desa Torobulu dapat diselesaikan dengan baik dan tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat. (*)