Pemkot Kendari Gelar Pekan Kebudayaan Daerah untuk Lestarikan Budaya Lokal

236
Pemkot Kendari Gelar Pekan Kebudayaan Daerah untuk Lestarikan Budaya Lokal
Pemkot Kendari Gelar Pekan Kebudayaan Daerah untuk Lestarikan Budaya Lokal

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2023 di pelataran parkir Kantor Balaikota Kendari, Selasa (12/12/2023). Kegiatan ini digelar selama dua hari, mulai tanggal 12-13 Desember 2023.

Pekan Kebudayaan Daerah ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu didampingi dengan Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala. Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kendari mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk melestarikan budaya lokal yang ada di Kota Kendari.

“Pekan kebudayaan ini digelar untuk melestarikan budaya lokal yang ada dan semakin merekatkan nilai-nilai budaya yang ada di Kota Kendari,” ujar Asmawa.

BACA JUGA :   Pemkot Kendari Serahkan Bantuan Tanggap Darurat untuk Korban Banjir di Amohalo

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Kendari akan pentingnya melestarikan budaya lokal. “Bukan hanya peserta tetapi seluruh masyarakat Kota Kendari, bahwa ikatan persatuan dan kesatuan bangsa dan warga semakin melekat dengan nilai seni dan budaya,” harapnya.

Selain itu, Asmawa juga berharap kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. “Oleh karena itu, saya berharap terciptanya sumber daya akan hadirnya SDM-SDM yang berkualitas dengan menjunjung tinggi nilai adat dan budaya,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Korem 143/HO dan Kadin Kota Kendari Teken MoU Pemanfaatan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kendari dan sejumlah pejabat, serta Forkopimda melakukan eksebisi sejumlah lomba, yakni bermain gasing, metinggo atau egrang dan bermain asin.

Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah ini mempertandingkan beberapa jenis lomba, yakni:
  • Terompah panjang
  • Lomba lari balok
  • Lomba lari enggrang
  • Asin galah
  • Tarian lulo
  • Fishion show

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni dan budaya dari berbagai daerah di Kota Kendari.