Ribuan Orang Bersih-bersih Teluk Kendari di Hari Peduli Sampah Nasional

71
Ribuan Orang Bersih-bersih Teluk Kendari di Hari Peduli Sampah Nasional
Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada Selasa (20/2/2023). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada Selasa (20/2/2023). Kegiatan ini berlangsung di Anjungan Teluk Kendari dengan melibatkan sekira 3000 orang.

Sekitar 3000 orang yang terdiri dari ASN Lingkup Pemerintah Kota Kendari, Tenaga Kebersihan DLHK Kota Kendari, Basarnas, Kejaksaan TNI dan Polri serta masyarakat bahu-membahu membersihkan sampah di sepanjang Teluk Kendari.

BACA JUGA :   LKPJ Wali Kota Kendari Tahun 2023 Disampaikan, Pendapatan Daerah Capai Rp1,4 Triliun

Peringatan HPSN tahun 2024 ini mengusung tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampah seringkali dianggap sebagai masalah lingkungan.

“Namun, di balik tumpukan sampah, terdapat peluang untuk menciptakan nilai ekonomis yang signifikan. Sampah akan bernilai manakala kita bisa memanfaatkan potensinya,” ungkap Pj Wali Kota Kendari.

Pemerintah Kota Kendari mengajak setiap individu untuk memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya Teluk Kendari. Upaya ini dapat dilakukan dengan membentuk bank sampah di tingkat RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

BACA JUGA :   Panen Jagung dan Bantuan Beras Warnai Upaya Pemkot Kendari Kendalikan Inflasi

Pemerintah juga mendorong pengelolaan sampah dengan melibatkan teknologi untuk mengubah sampah plastik menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Diharapkan langkah-langkah ini dapat memberikan dampak positif dalam mengatasi masalah sampah yang semakin kompleks. (*)