Peringati Hardiknas 2024, Sekda Sultra: “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”

71
Peringati Hardiknas 2024, Sekda Sultra:
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di pelataran Kantor Gubernur Sultra, Kamis (2/5/2024). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di pelataran Kantor Gubernur Sultra, Kamis (2/5/2024). Upacara ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio, selaku pembina upacara, menggantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto yang berhalangan hadir.

Meskipun diguyur hujan deras, upacara tetap berlangsung dengan khidmat dan diikuti oleh para guru dan siswa-siswi SMA, SMK, SLB dari berbagai sekolah di Provinsi Sultra. Sekda Sultra Asrun Lio mengenakan baju adat suku Tolaki, sementara Martinus Rakke, bertindak sebagai pemimpin upacara. Peringatan Hardiknas 2024 kali ini mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Dalam sambutannya yang membacakan isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, Asrun Lio menyampaikan beberapa poin penting:

  • Merdeka Belajar: Telah dilakukan selama lima tahun dan merupakan gerakan yang terus berjalan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
  • Tantangan dan Peluang: Transformasi sistem pendidikan yang besar membutuhkan perjuangan dan perubahan perspektif tentang proses pembelajaran.
  • Dampak Pandemi: Pandemi Covid-19 membawa tantangan dan sekaligus peluang untuk mengakselerasi perubahan dalam dunia pendidikan.
  • Kemajuan yang Dicapai: Terjadi kemajuan dalam hal kemerdekaan belajar bagi siswa, kepercayaan bagi guru, ruang belajar yang tidak terbatas di kampus, dan dukungan bagi seniman dan pelaku budaya.
  • Perjalanan Berkelanjutan: Masih banyak yang harus dilakukan untuk mewujudkan sekolah yang dicita-citakan.
  • Dukungan Penuh: Pemprov Sultra berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dan memberikan sarana-sarana pembelajaran yang memadai.
BACA JUGA :   Pj Gubernur Sultra Pimpin Apel Gabungan ASN dan Doa Bersama untuk Pemilu Damai 2024
BACA JUGA :   Pj Gubernur Sultra Pimpin Gelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan TPS untuk Pemilu 2024

Pada momen ini, Asrun Lio bersama Forkopimda menyerahkan bantuan secara simbolis kepada siswa-siswi penerima manfaat. Bantuan tersebut diberikan kepada 14 siswa-siswi dari 7 SMKN dan 5 siswa-siswi dari 2 SLBN.

Upacara Hardiknas 2024 juga dimeriahkan dengan persembahan parade tarian kreasi Profil Pancasila dari para siswa dan tenaga pendidikan. Menariknya, Asrun Lio juga turut berpartisipasi dalam tarian tersebut.

Harapan di Hari Pendidikan Nasional

Diharapkan dengan peringatan Hardiknas ini, semangat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terus berkobar. Semua pihak, baik pemerintah, guru, orang tua, maupun siswa, harus bersinergi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu di Indonesia.

Mari kita bersama-sama “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” untuk membangun generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berkarakter. (*)