Pemprov Sultra Lepas Kontingen Popnas dengan Target 6 Medali Emas

62
Pemprov Sultra Lepas Kontingen Popnas dengan Target 6 Medali Emas
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui dinas pemuda dan olahraga melepas kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Sultra. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah resmi melepas kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Sultra. Kontingen yang terdiri dari 101 orang, termasuk 71 atlet, 19 pelatih, dan 11 official, akan berpartisipasi dalam ajang olahraga nasional yang akan diadakan di Palembang mulai 27 Agustus hingga 4 September 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra, Trio Prasetyo, menyatakan bahwa tujuan utama dari partisipasi kontingen Sultra dalam Popnas adalah untuk meraih prestasi yang gemilang.

“Kami menargetkan perolehan 6 medali emas dari 12 cabang olahraga yang akan diikuti, dengan fokus khusus pada cabang olahraga dayung yang telah menjadi unggulan di Sultra.” Ungkap dia.

BACA JUGA :   BISA FEST: Festival Kreasi Seni Tari dan Budaya Sulawesi Tenggara

Proses seleksi atlet yang akan mewakili Sultra dalam Popnas dilakukan secara ketat dan terbuka. Para atlet dipilih melalui seleksi yang dilakukan oleh PBIP (Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia) dan Pengprov (Pengurus Provinsi) dari masing-masing cabang olahraga. Meskipun tanpa anggaran khusus untuk seleksi, Pemerintah Provinsi Sultra tetap menjalankan proses seleksi ini dengan penuh komitmen.

Trio menjelaskan bahwa setelah acara pelepasan resmi, para atlet akan menjalani periode istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan mereka ke Palembang. Pemberangkatan atlet akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 26 Agustus hingga 3 September 2023.

BACA JUGA :   Tenun Sultra Tampil Memukau di Indonesia Fashion Week 2024

“Kami berharap agar para atlet tetap menjaga stamina mereka dengan baik agar bisa memberikan performa maksimal di setiap pertandingan dan berkontribusi dalam pencapaian target 6 medali emas,” tambah Trio.

Popnas tahun ini akan mempertandingkan 12 cabang olahraga, termasuk dayung, pencak silat, tinju, atletik, sepak takraw, karate, taekwondo, wushu, kempo, panahan, renang, dan menembak. Diharapkan partisipasi kontingen Sultra akan membanggakan provinsi tersebut dan mengukir prestasi gemilang dalam arena olahraga nasional. (/*)