Pj Gubernur Raih Penghargaan TPID Award 2024 Atas Keberhasilan Pengendalian Inflasi di Sultra

102
Pj Gubernur Raih Penghargaan TPID Award 2024 Atas Keberhasilan Pengendalian Inflasi di Sultra
Pj Gubernur Raih Penghargaan TPID Award 2024 Atas Keberhasilan Pengendalian Inflasi di Sultra

LENSATENGGARA.COM,KENDARI – Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menerima penghargaan TPID Award 2024 dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Sultra dalam mengendalikan inflasi dengan langkah strategis dalam menjaga pasokan, produksi, dan mendorong hilirisasi hortikultura.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Pj Gubernur Sultra di Istana Negara, Jumat (14/06/24). Hal ini menjadi bukti nyata komitmen Pemprov Sultra dalam mendukung kebijakan nasional untuk pengendalian inflasi dan pemulihan ekonomi nasional.

“Alhamdulillah, Pemprov Sultra mendapat apresiasi dari Bapak Presiden atas keberhasilan dalam mengendalikan inflasi di Sultra. Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami dalam mendukung kebijakan nasional,” ujar Pj Gubernur Andap.

BACA JUGA :   Andap Budhi Revianto Lantik Pj Bupati Buton, Busel dan Buteng

Di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Andap, inflasi Sultra terus alami penurunan dan tergolong stabil. Merujuk pada data pada awal tahun 2023 inflasi Sultra berada pada angka 6,57%, lalu turun pada September 2023 menjadi 3,46% dan terakhir pada Mei 2024 pada angka 2,57% atau masuk dalam 10 Provinsi terendah inflasi se-Indonesia.

Keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen dan kolaborasi seluruh stakeholder terkait, termasuk Perangkat Daerah, Bulog, BPS, TNI/Polri, perwakilan BI, dan seluruh stakeholder terkait.

“Terima kasih kepada Rekan-Rekan TPID yang telah bekerja dan berupaya keras menekan laju inflasi di Sultra,” ucap Andap.

BACA JUGA :   PJ Gubernur Sultra Dianugerahi Gelar Adat "Kolakino Liwu Pancana" di Buton Tengah

“Semoga dengan capaian ini Pemprov Sultra dapat terus mempertahankan public trust serta dapat menjadi pantikan semangat baru bagi kami dalam pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara,” tutupnya.

Langkah Strategis Pengendalian Inflasi Sultra

Pemprov Sultra telah melakukan berbagai langkah strategis dalam pengendalian inflasi, antara lain:

  • Gelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di 17 Kabupaten/Kota.
  • Penyaluran beras SPHP sinergi dengan Bulog melalui pasar tradisional, ritel, dan kios pangan.
  • Berbagai intervensi oleh TPID Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar memudahkan masyarakat memperoleh pangan dengan harga terjangkau.

Upaya-upaya ini terbukti efektif dalam menjaga stabilitas harga pangan dan menekan laju inflasi di Sultra.