Pj Gubernur Sultra Lantik Muhammad Yusup dan La Ode Butolo sebagai Pj Wali Kota Kendari dan Pj Bupati Muna Barat

64
Pj Gubernur Sultra Lantik Muhammad Yusup dan La Ode Butolo sebagai Pj Wali Kota Kendari dan Pj Bupati Muna Barat
Pj Gubernur Sultra Lantik Muhammad Yusup dan La Ode Butolo sebagai Pj Wali Kota Kendari dan Pj Bupati Muna Barat

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Anda Budhi Revianto, melantik Muhammad Yusup sebagai Pj. Wali Kota Kendari dan La Ode Butolo sebagai Pj. Bupati Muna Barat (Mubar), di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Rabu (27/12/2023).

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.3-6624 Tahun 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Wali Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor 100.2.1.3-6574 Tahun 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Muhammad Yusup, sebagai Kepala Dinas BPBD Prov. Sultra dilantik sebagai Pj. Wali Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tengara menggantikan Pj. Wali Kota sebelumnya, Asmawa Tosepu, yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri RI. Sedangkan La Ode Butolo selaku Staf Ahli Gubernur Sultra Bidang Kemasyarakatan Sumber Daya Manusia dilantik sebagai Pj. Bupati Muna Barat menggantikan Pj. Bupati Muna Barat sebelumnya Bahri, yang kini kembali menjabat sebagai Direktur Prencanaan Anggaran Direktorat Jendral Bidang Keuangan Daerah Kemendagri.

BACA JUGA :   DPRD Kendari Serahkan Dua Raperda ke Pemkot Kendari

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sultra Anda Budhi Revianto mengucapkan selamat kepada Muhammad Yusup dan La Ode Butolo atas pelantikannya sebagai Penjabat Wali Kota Kendari dan Bupati Muna Barat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Asmawa Tosepu dan Bahri atas pengabdian dan capaiannya selama menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Kendari dan Bupati Muna Barat.

Pj. Gubernur Sultra meminta kepada kedua penjabat yang baru dilantik untuk segera mengakhiri anggaran tahun 2023 dengan baik secara transparan, akuntabel dan profesional. Selain itu, ia juga meminta untuk segera menyusun data inventarisasi masalah serta menyusun prioritas kinerja berbasis anggaran.

Pj. Gubernur Sultra juga mengingatkan bahwa jabatan ini merupakan amanah, kebanggaan dan kehormatan yang dijadikan sebagai ladang pengabdian bagi rakyat, bangsa dan negara. Untuk itu, ia menaruh harapan agar kedua penjabat yang baru saja dilantik bersungguh-sungguh bekerja penuh keikhlasan, tanpa pamrih dan penuh semangat untuk berjuang dalam mewujudkan terpenuhinya hak konstitusional rakyat di daerah yang dipimpin.

BACA JUGA :   Kota Kendari Tampilkan Kisah Ratu Maho di Sultra Tenun Karnaval Festival 2023

Pj. Gubernur Sultra juga menaruh harapan agar kedua penjabat untuk intens dalam memonitoring serta waspada dalam kebijakan dan program pembangunan daerah dengan kebijakan Pemerintah Pusat dan Provinsi, serta mampu mengawal berbagai kebijakan nasional dan daerah.

“Kepada wilayah saudara, berbagai proyek strategis nasional yang ada di sana, perhatikan. Selesaikan limitasi waktunya dengan baik, dan kemudian pastikan tidak ada konflik sosial. Semuanya aman, damai dan kondusif,” harapnya.

Di penghujung sambutannya, Pj. Gubernur Sultra juga memerintahkan untuk memastikan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan umum 2024 berjalan dengan aman, damai, netral dan tanpa cela serta wajib mendorong netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah yang di pimpin dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024. (*)