4 Manfaat Kopi yang Tak Terduga untuk Otak Anda

98
4 Manfaat Kopi yang Tak Terduga untuk Otak Anda
4 Manfaat Kopi yang Tak Terduga untuk Otak Anda

LENSATENGGARA.COMKopi, minuman yang digemari banyak orang, tak hanya memberikan energi dan semangat di pagi hari, tapi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah efek positifnya pada otak.

Bagaimana Kopi Bekerja pada Otak?

Dikutip dari health.detik.com Kandungan kafein dalam kopi bekerja dengan memengaruhi sistem saraf pusat dengan beberapa cara. Kafein berinteraksi dengan reseptor adenosin di otak, yaitu neurotransmitter yang mendorong rasa kantuk.

Adenosin biasanya menumpuk di siang hari, membuat kita merasa mengantuk. Kafein memiliki struktur molekul yang mirip dengan adenosin, sehingga ia bersaing untuk berikatan dengan reseptor adenosin yang sama.

BACA JUGA :   4 Tips Biar Video Instagram Kamu Masuk FYP!

Namun, kafein tidak memperlambat neuron seperti adenosin. Sebaliknya, kafein mencegah adenosin memperlambat aktivitas saraf.

Manfaat Kopi Bagi Otak:
  1. Meningkatkan kewaspadaan dan fokus: Kafein meningkatkan stimulasi sistem saraf pusat, membuat kita lebih waspada dan fokus.
  2. Meningkatkan fungsi kognitif: Kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, seperti waktu reaksi, perhatian, belajar, dan memori.
  3. Memperkuat memori: Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat memberikan efek positif pada memori jangka pendek dan jangka panjang.
  4. Menurunkan risiko Alzheimer: Konsumsi kopi secara teratur dan moderat dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer hingga 65%.
BACA JUGA :   5 Wisata Budaya Sultra : Menyaksikan Keindahan Tradisi di Bumi Anoa
Penting untuk diingat:

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan sakit kepala. Sebaiknya batasi mengkonsumsi hingga 400mg kafein per hari, setara dengan 4-5 cangkir k.opi.