8 Manfaat Terong Pipit untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Asam Urat

1047
8 Manfaat Terong Pipit untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Asam Urat
Terong Pipit

LENSATENGGARA.COM, Manfaat Terong pipit, atau yang juga dikenal dengan nama pokak atau biasa juga disebut kotiwu, adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini memiliki buah yang berwarna hijau dan berbentuk seperti kacang polong.

8 Manfaat Terong Pipit untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Asam Urat
Terong Pipit
Manfaat Terong pipit memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan, antara lain:
  1. Menangkal Radikal Bebas
    Terong pipit mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.
  2. Mencegah Asam Urat
    Terong pipit mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Asam urat yang tinggi dapat menyebabkan penyakit asam urat, yang ditandai dengan nyeri sendi, bengkak, dan kemerahan.
  3. Mencegah Anemia
    Terong pipit mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah yang dapat menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan pusing.
  4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Terong pipit mengandung serat yang tinggi. Serat adalah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.
  5. Menjaga Kesehatan Jantung
    Mengandung kalium yang tinggi. Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.
  6. Menjaga Kesehatan Mata
    Mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata, seperti rabun senja dan katarak.
  7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Terong ini mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah vitamin yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi.
  8. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Terong ini rendah kalori dan tinggi serat. Hal ini menjadikan tanaman ini sebagai pilihan yang baik untuk orang yang sedang menjalani diet.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Terong ini dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti ditumis, digoreng, atau direbus.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengolah terong pipit:
  • Cuci bersih terong sebelum diolah.
  • Rendam dalam air garam selama 30 menit untuk mengurangi rasa pahit.
  • Tiriskan sebelum diolah.
  • Anda juga dapat menambahkan bumbu-bumbu tertentu untuk mengurangi rasa pahit, seperti bawang merah, bawang putih, atau jahe.
8 Manfaat Terong Pipit untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Asam Urat
Terong Pipit

Cara Menanam Terong Pipit

Terong pipit adalah tanaman yang mudah dibudidayakan dan dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah. Tanaman ini dapat dipanen dalam waktu sekitar 3-4 bulan setelah tanam.

Berikut adalah cara menanam terong pipit:
  • Persiapan lahan
    Lahan yang akan digunakan untuk menanam terong pipit harus diolah terlebih dahulu. Tanah dibajak atau dicangkul hingga gembur. Kemudian, tanah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos.
  • Pembibitan
    Bibit terong pipit dapat diperoleh dengan cara menyemai biji atau stek batang.
    Untuk menyemai biji, biji terong ditanam di media semai yang sudah disiapkan. Media semai dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos. Biji ditanam sedalam 1-2 cm. Media semai harus dijaga agar selalu lembap.Setelah 1-2 minggu, bibit terong siap dipindah tanam ke lahan.Untuk stek batang, batang yang sudah tua dipotong sepanjang 15-20 cm. Kemudian, stek batang ditanam di lahan yang sudah disiapkan. Stek batang harus dijaga agar selalu lembap.
  • Penanaman
    Bibit terong pipit ditanam di lahan yang sudah disiapkan. Jarak tanam antar bibit adalah 20-30 cm.
  • Pemeliharaan
    Tanaman terong ini membutuhkan penyiraman secara rutin. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari.Tanaman ini juga membutuhkan pemupukan secara rutin. Pupuk yang diberikan adalah pupuk kandang atau kompos.Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, tanaman ini harus dipantau secara rutin. Jika ditemukan hama atau penyakit, segera lakukan pengendalian.
  • Pemanenan
    Dapat dipanen setelah berumur sekitar 3-4 bulan. Ciri-ciri terong pipit yang siap panen adalah buahnya berwarna hijau tua dan sudah berukuran cukup besar.

    Berikut adalah tips untuk menanam terong pipit:
    • Pilihlah bibit yang berkualitas.
    • Siapkan lahan yang gembur dan subur.
    • Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin.
    • Jagalah tanaman dari serangan hama dan penyakit.

Dengan mengikuti tips tersebut, Anda dapat menanamnya dengan hasil yang optimal.