DPRD Kendari Setujui Pembentukan OPD Baru

74
DPRD Kendari Setujui Pembentukan OPD Baru
DPRD Kota Kendari Setujui Pembentukan OPD Baru

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari menyetujui pembentukan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Persetujuan ini disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kota Kendari pada Selasa (12/9/2023). Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kota Kendari dan Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu

Pembentukan tiga OPD baru tersebut berdasarkan surat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 11 Juli 2023. Kemendagri menilai bahwa penataan OPD di Kota Kendari perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pemerintahan.

Pembentukan tiga OPD baru ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik di Kota Kendari. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Kota Kendari. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan fokus pada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Kendari. Sedangkan Dinas Kepemudaan dan Olahraga akan fokus pada pembinaan dan pengembangan olahraga di Kota Kendari.

BACA JUGA :   DPRD Kendari Dorong Pemkot Maksimalkan Vaksin Polio untuk Anak-anak

Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyambut baik persetujuan DPRD Kota Kendari atas pembentukan tiga OPD baru tersebut. Ia berkomitmen untuk menjalankan fungsi dan kinerja OPD-OPD tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tiga OPD baru di Kota Kendari:
  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Kota Kendari. Dinas ini akan mengelola semua lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta, serta lembaga kebudayaan, seperti museum, perpustakaan, dan kesenian.
  2. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan fokus pada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Kendari. Dinas ini akan mengelola destinasi wisata, promosi pariwisata, dan pengembangan ekonomi kreatif, seperti UMKM dan industri kreatif.
  3. Dinas Kepemudaan dan Olahraga
    Dinas Kepemudaan dan Olahraga akan fokus pada pembinaan dan pengembangan olahraga di Kota Kendari. Dinas ini akan mengelola semua cabang olahraga, serta mengembangkan sarana dan prasarana olahraga. (*)