HUT ke-193 Kota Kendari Diwarnai Aksi Pungut Sampah di Teluk Kendari

90
HUT ke-193 Kota Kendari Diwarnai Aksi Pungut Sampah di Teluk Kendari
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari menyelenggarakan kegiatan wisata pungut sampah di Teluk Kendari. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari menyelenggarakan kegiatan wisata pungut sampah di Teluk Kendari. Acara yang berlangsung pada Selasa (7/5/2024) ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari Forkopimda, instansi vertikal, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga masyarakat sekitar.

Teluk Kendari, sebagai salah satu ikon wisata Kota Kendari, dipilih sebagai lokasi aksi ini karena memiliki peran penting sebagai sumber daya alam dan potensi pariwisata. Namun, sayangnya, teluk ini seringkali tercemar oleh sampah-sampah plastik dan limbah lainnya yang dibuang secara sembarangan.

Aksi bersih-bersih ini bertujuan untuk memeriahkan perayaan HUT Kota Kendari sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Partisipasi dari berbagai pihak sangatlah signifikan dalam aksi ini. Forkopimda, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah, memberikan dukungan penuh dengan mengirimkan personelnya. Instansi vertikal dan para ASN juga turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA :   LKPJ Wali Kota Kendari Tahun 2023 Disampaikan, Pendapatan Daerah Capai Rp1,4 Triliun

Selain itu, partisipasi masyarakat sekitar juga sangat diperlukan. Dengan melibatkan masyarakat lokal, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Kegiatan ini juga menjadi momen edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan laut dan lingkungan secara keseluruhan.

BACA JUGA :   Bappeda Kendari Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2025

Selama aksi pungut sampah, peserta diberikan peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan, seperti sarung tangan dan kantong sampah, untuk memudahkan dalam pengumpulan sampah. Setelah itu, sampah-sampah yang terkumpul akan diangkut dan dipilah untuk didaur ulang atau dibuang secara aman sesuai prosedur yang berlaku. Dalam aksi ini, terkumpul sebanyak 12 ton sampah.

Diharapkan dengan kegiatan ini, Teluk Kendari dapat terbebas dari sampah dan menjadi ikon wisata yang bersih dan indah. Selain itu, diharapkan masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. (*)