Jurnalis Sultra Ikuti Holistic Safety Training yang Digelar AJI Kendari

65
Jurnalis Sultra Ikuti Holistic Safety Training yang Digelar AJI Kendari
Puluhan jurnalis di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti pelatihan Holistic Safety Training yang diadakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari, Sabtu (19/5/2024)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Puluhan jurnalis di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti pelatihan Holistic Safety Training yang diadakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan jurnalis dalam menghadapi situasi berbahaya saat menjalankan tugas jurnalistik.

Acara yang berlangsung selama dua hari, 18-19 Mei 2024, di salah satu hotel di Kendari ini, diikuti oleh jurnalis dari berbagai media di Kendari dan sekitarnya. Para peserta mendapat materi dari pemateri berpengalaman dari AJI Indonesia.

Ketua AJI Kendari, Nursadah, mengatakan bahwa jurnalis sering kali berada di garis depan dalam meliput berbagai peristiwa penting. Oleh karena itu, keselamatan jurnalis menjadi prioritas utama.

BACA JUGA :   Jurnalis di Kendari Tolak Revisi UU Penyiaran yang Ancam Kemerdekaan Pers

Nursadah menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali jurnalis dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi berbahaya, seperti kerusuhan, kekerasan, dan bencana alam.

Pelatihan ini juga membahas tentang aspek hukum, psikososial, dan keamanan digital yang penting bagi jurnalis dalam menjalankan tugasnya.

Salah satu peserta pelatihan, jurnalis dari media lokal Kendari, mengaku sangat terbantu dengan pelatihan ini.

BACA JUGA :   Jurnalis di Kendari Tolak Revisi UU Penyiaran yang Ancam Kemerdekaan Pers

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mendapat banyak pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat membantu saya bekerja dengan lebih aman dan profesional,” ujarnya.

Dia berharap agar pelatihan seperti ini dapat diadakan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan jurnalis dalam menghadapi berbagai situasi berbahaya.

Materi Pelatihan:
  • Psikososial oleh Luh De Suriyani (secara online)
  • Pengantar Aspek Hukum berbasis data (pembahasan kasus) oleh Erick dari AJI Indonesia
  • Digital Security oleh Adi Marsiela dari AJI Indonesia