Pj Gubernur Sultra Pimpin Gelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan TPS untuk Pemilu 2024

107
Pj Gubernur Sultra Pimpin Gelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan TPS untuk Pemilu 2024
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memimpin apel gelar pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Halaman Kantor Polda Sultra pada Rabu (7/2/2024). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memimpin apel gelar pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Halaman Kantor Polda Sultra pada Rabu (7/2/2024). Apel ini diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satuan Linmas, dan Basarnas.

Pj Gubernur menyampaikan bahwa apel ini merupakan bagian dari operasi sinergitas dalam rangka menyukseskan Pemilu Damai 2024. Ia menyapaikan rincian personil pengamanan Pemilu di Sultra, yaitu 2.838 personel TNI, 3.743 personel Polri, dan 16.308 personel Linmas.

Pj Gubernur mengajak semua pihak terlibat mempersiapkan dengan rapi dan cermat agar tahapan pemungutan suara berjalan baik, lancar, aman, dan kondusif. Dalam operasi mantap gerakan Anoa 2024, Pj. Gubernur menekankan tiga hal kepada peserta apel:

  • Mengenal tugas pengamanan TPS
  • Mengimplementasikan prosedur dengan baik
  • Berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti BPK, KPPS, dan tokoh lokal
BACA JUGA :   Pemkab Konawe Utara Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024

Dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 1.867.931 dari 2.700.910 penduduk Sultra, Pj. Gubernur berharap tingkat partisipasi yang tinggi sebagai indikator kesuksesan Pemilu. Ia juga mengingatkan tentang kondisi geografis Sultra yang dapat mempengaruhi beberapa TPS, terutama yang terisolir di pulau-pulau terpencil.

Pj. Gubernur menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan para petugas pengamanan TPS di Sultra, terutama menghadapi kondisi cuaca yang di atas normal. Ia juga menyoroti 6 (enam) Kabupaten yang menjadi prioritas dalam distribusi logistik Pemilu berdasarkan wilayah 3T (Terisolir, Terdepan, dan Terluar).

BACA JUGA :   Pj Gubernur Sultra Lantik Andi Makkawaru Sebagai Pj Bupati Kolaka

Terakhir, Pj. Gubernur menitipkan pesan kepada para petugas keamanan untuk:

  • Tetap memegang teguh amanah tugas dan tanggung jawab yang diberikan
  • Berkomitmen tinggi dalam mewujudkan Pemilu 2024 di Sultra yang aman dan damai
  • Merespon cepat atas berbagai gangguan keamanan
  • Menjaga netralitas TNI/Polri dalam pengamanan Pemilu 2024

Apel gelar pasukan ini menunjukkan kesiapsiagaan aparat keamanan dalam menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu 2024 di Sultra. Dengan sinergitas dan kerjasama semua pihak, diharapkan Pemilu 2024 di Sultra dapat berjalan dengan sukses dan damai. (*)