Siskamling Kota Kendari Siap Dilaunching untuk Jaga Keamanan Pilkada 2024

89
Siskamling Kota Kendari Siap Dilaunching untuk Jaga Keamanan Pilkada 2024
Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan kondusif, Pemerintah Kota Kendari bersama Satpol PP dan masyarakat setempat akan melaunching program Siskamling Kota. Persiapan matang telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, dan peluncuran resmi dijadwalkan pada tanggal 2 Juli 2024 di pelataran MTQ. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan kondusif, Pemerintah Kota Kendari bersama Satpol PP dan masyarakat setempat akan melaunching program Siskamling Kota. Persiapan matang telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, dan peluncuran resmi dijadwalkan pada tanggal 2 Juli 2024 di pelataran MTQ.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari, Amir Hasan, mengungkapkan bahwa program Siskamling Kota merupakan salah satu upaya serius pemerintah dalam meningkatkan keamanan lingkungan. “Kami ingin setiap warga merasa aman di lingkungan tempat tinggal mereka. Siskamling Kota adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk mewujudkan hal tersebut,” tegasnya.

BACA JUGA :   HUT ke-193 Kota Kendari Diwarnai Aksi Pungut Sampah di Teluk Kendari

Program ini akan melibatkan berbagai elemen masyarakat, seperti ketua RT, karang taruna, dan pihak kepolisian setempat. Patroli rutin akan dilakukan secara bergantian oleh warga di setiap wilayah. Integrasi teknologi juga diterapkan dengan penggunaan aplikasi pelaporan yang memungkinkan warga melaporkan kejadian secara real-time.

Kasatpol PP Kota Kendari menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan anggota untuk mengamankan jalannya peluncuran Siskamling serta menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban lingkungan. Siskamling akan terus aktif hingga pilkada serentak digelar pada November 2024.

BACA JUGA :   Bappeda Kendari Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2025

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari berbagai pihak, Kota Kendari siap melaunching Siskamling. Peluncuran Siskamling Kota diharapkan menjadi awal terciptanya lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh warga Kota Kendari.

Siskamling Kota merupakan program sistem keamanan lingkungan yang digagas oleh Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan Satpol PP dan masyarakat. Program ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan, khususnya menjelang Pilkada 2024. (*)