Sultra Job Fair 2024 Sediakan 1.064 Lowongan Kerja

66
Sultra Job Fair 2024 Sediakan 1.064 Lowongan Kerja
Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto meninjau pelaksanaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Sultra tahun 2024 di Atrium Lippo Plaza Kendari, Selasa (7/5/2024). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARISultra Job Fair 2024 – Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto meninjau pelaksanaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Sultra tahun 2024 di Atrium Lippo Plaza Kendari, Selasa (7/5/2024). Acara ini menyediakan 1.064 lowongan kerja dari 24 perusahaan yang berpartisipasi.

Andap mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah membuka lowongan kerja bagi pencari kerja di Sultra. Ia berharap, ke depannya semakin banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi para pencari kerja, termasuk penyandang disabilitas.

“Sesuai amanat undang-undang, instansi pemerintah wajib mengalokasikan paling sedikit 2% untuk penyandang disabilitas. Untuk perusahaan swasta 1% dari total alokasi kebutuhan perusahaan,” ujar Andap.

BACA JUGA :   Peringati Hardiknas 2024, Sekda Sultra: "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar"

Lebih lanjut, Andap juga mendorong perusahaan yang membuka usaha di Sultra untuk memprioritaskan para pencari kerja lokal. Ia berharap Job Fair ini dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat Sultra yang belum bekerja.

Indikator Ketenagakerjaan Sultra Mengalami Peningkatan

Pada kesempatan tersebut, Andap juga menyampaikan informasi terkait indikator ketenagakerjaan di Sultra. Dalam 3 tahun terakhir, tren Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) menunjukkan perkembangan yang positif dengan peningkatan sebesar 2.09% dibandingkan Februari 2023. Sementara itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mengalami penurunan sebesar 0.44% dibandingkan Februari 2023.

“Untuk penduduk yang bekerja mencapai 1.36 juta Orang (meningkat 72.38 ribu dibanding Februari 2023). Sedangkan untuk jenis lapangan pekerjaan yang menyerap banyak angkatan kerja yakni pada sektor pertanian yang mencapai 34.23%,” ungkap Andap.

BACA JUGA :   HUT Sultra ke-60 Semarak dengan Pekan Olahraga!
Apresiasi dari Pencari Kerja Tentang Sultra Job Fair 2024

Salah satu pencari kerja, Asniar (22), mengaku sangat antusias dengan pelaksanaan Job Fair ini. Ia berharap Job Fair Sultra dapat dilaksanakan setiap tahun dan diselenggarakan di kampus-kampus agar para pelamar dapat memilih profesi sesuai dengan minat dan keahliannya.

Job Fair Sultra 2024 merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk menekan angka pengangguran di Sultra dan memberikan informasi kesempatan kerja yang ada bagi masyarakat. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pencari kerja di Sultra dapat segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensinya.