Bupati Konut Perkenalkan Konasara ke Mancanegara Lewat Seminar Serantau

85
Bupati Konut Perkenalkan Konasara ke Mancanegara Lewat Seminar Serantau
Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin, memperkenalkan nilai-nilai adat Konasara ke mancanegara saat menjadi pembicara dalam seminar serantau di Kendari, Sulawesi Tenggara di Auditorium Universitas Halu Oleo Kendari, Rabu (20/09/2023). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin, memperkenalkan nilai-nilai adat Konasara ke mancanegara saat menjadi pembicara dalam seminar serantau di Kendari, Sulawesi Tenggara di Auditorium Universitas Halu Oleo Kendari, Rabu (20/09/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ruksamin memberikan cendramata Konasara kepada pembicara lainnya, Rektor UHO Kendari, Muhammad Zamrun Firihu dan Dekan Fisip UHO Kendari, Eka Suaib.

Ruksamin mengungkapkan, ia ingin memperkenalkan Konasara ke mancanegara sebagai nilai-nilai adat yang luhur dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

BACA JUGA :   Pemkab Konawe Utara Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024

“Konasara itu adalah nilai-nilai adat yang luhur yang ada di Konawe Utara. Kita ingin memperkenalkan Konasara ke mancanegara,” kata Ruksamin.

Bupati Konut Perkenalkan Konasara ke Mancanegara Lewat Seminar Serantau

Konasara merupakan nilai-nilai adat yang dianut oleh masyarakat Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Nilai-nilai tersebut meliputi kebersamaan, gotong royong, dan saling menghormati.

Ruksamin berharap, dengan memperkenalkan Konasara ke mancanegara, masyarakat dunia dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai adat yang luhur dari Kabupaten Konawe Utara.

“Saya juga tidak lupa bahwa nilai-nilai adat yang dari Konawe Utara yang saya titip sudah sampai di Malaysia, Konasara itu sudah sampai di sana, saya bagikan kepada mereka semua sekaligus saya sampaikan pesannya Konasara apa,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Pemkab Konawe Utara Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024

Untuk diketahui kegiatan seminar serantau ini diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Selain Bupati Konut sebagai pembicara, juga menghadirkan Direktur IPSAS Malaysia yakni Haslinda Abdullah, Rektor Universitas Abulyatama Aceh Agung Efriyo dan Rektor Universitas Teuku Umar, Ishak Hasan. (*)