Indonesia Tumbangkan Korsel Lewat Adu Penalti, Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

204
Indonesia Tumbangkan Korsel Lewat Adu Penalti, Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024
Indonesia Tumbangkan Korsel Lewat Adu Penalti, Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

LENSATENGGARA.COMTim nasional Indonesia U-23 menorehkan sejarah baru di kancah sepak bola Asia! Bertanding sengit melawan Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda berhasil melaju ke babak semifinal setelah menang dramatis lewat adu penalti dengan skor 11-10.

Pertandingan yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4/2024) malam, berlangsung ketat dan penuh drama. Korea Selatan, tim unggulan turnamen, tampil menekan sejak awal. Namun, Indonesia menunjukkan mental pantang menyerah dan tak gentar meladeni permainan lawan.

Skuad Garuda Muda membuka skor terlebih dahulu di menit ke-15 melalui tendangan bebas melengkung Rafael Struick. Keunggulan Indonesia tak bertahan lama, Korsel mampu menyamakan kedudukan di menit ke-45 melalui gol bunuh diri Komang Teguh. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA :   Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Qatar, Wasit Nasrullo Kabirov Buat Keputusan Kontroversi

Di babak kedua, kedua tim bermain semakin terbuka dan saling melancarkan serangan. Di menit ke-45+3′, Struick kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan silang rekan setimnya. Indonesia kembali unggul 2-1.

Namun, Korsel tak mau menyerah begitu saja. Mereka terus menekan pertahanan Indonesia dan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-84 melalui gol Jeong Sang-bin. Skor 2-2 bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang. Di babak ini, kedua tim kembali menunjukkan ketangguhan mereka. Skor imbang 10-10 memaksa adu penalti dilanjutkan ke putaran kedua.

BACA JUGA :   Libas Jordania 4-1, Timnas Indonesia U-23 Akan Menantang Jepang atau Korsel

Pratama Arhan menjadi pahlawan Garuda Muda di babak ini. Tendangan penaltinya di putaran kedua menjadi penentu kemenangan Indonesia dengan skor 11-10.

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda akan berhadapan dengan pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi yang akan bertanding malam ini.

Prestasi ini menjadi pencapaian bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Timnas U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya. Semangat pantang menyerah dan kerja sama tim yang solid menjadi kunci keberhasilan Garuda Muda. (*)