Sungai Ulu Konaweha Kolaka Meluap, 2 Rumah Warga Hanyut

87
Sungai Ulu Konaweha Kolaka Meluap, 2 Rumah Warga Hanyut
Sungai Ulu Konaweha yang terletak di Desa Ulu Konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) meluap pada Sabtu (20/1/2024) sore. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KOLAKA – Sungai Ulu Konaweha yang terletak di Desa Ulu Konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) meluap pada Sabtu (20/1/2024) sore. Akibatnya, dua unit rumah warga yang berada di bantaran sungai tersebut hanyut terbawa arus.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat dua rumah yang terbuat dari papan kayu hanyut terbawa arus sungai. Kedua rumah tersebut tampak sempat menabrak jembatan penghubung sungai sebelum akhirnya hanyut.

BACA JUGA :   Wanita di Konawe Selatan Diterkam Buaya Saat Mandi di Sungai

Tidak hanya itu, sekelompok warga juga nampak berusaha menyelamatkan barang-barang berharga mereka. Warga memilih mengeluarkan barang yang ada di dalam rumah ke tempat yang relatif tinggi.

Dalam rekaman itu, suara kepanikan warga terdengar histeris. “Lailaha illah, subhanallah, Astaghfirullah, Ya Allah,” ucap warga dalam video itu.

Dikutip dari laman sultra.tribunnews.com, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka, Agus Suyanto, mengatakan, luapan sungai tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Jumat malam.

BACA JUGA :   Sebuah Mobil Terbakar di Jembatan Pasar Baru Kendari, Pengemudi Selamat

“Dari laporan yang diperolah, data sementara ada dua rumah yang hanyut dibawa banjir,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, hingga kini belum ditemukan korban luka atau korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Laporan sementara tidak ada korban jiwa,” katanya.