Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Sultra: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

91
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Sultra: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045
Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung khidmat dan penuh semangat. Upacara peringatan ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra, Sabtu (1/6/2024). (Foto : istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung khidmat dan penuh semangat. Upacara peringatan ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra, Sabtu (1/6/2024) dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa yang harus selalu diingat dan diamalkan. Upacara ini menjadi momen penting untuk internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pj. Gubernur juga menekankan bahwa Pancasila mampu menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. Nilai-nilai Pancasila menjadi panduan untuk membangun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat di era 100 tahun kemerdekaan, yaitu Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA :   Pemprov Sultra Terima Kuota CPNS dan PPPK 2024 Sebanyak 7.497 Orang

Di era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang pesat, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi. Pj. Gubernur mengajak seluruh komponen bangsa untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak dan menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Momentum Hari Lahir Pancasila ini juga menjadi pengingat untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Bonus Demografi. Pj. Gubernur mengajak generasi muda, khususnya kaum milenial dan Gen-Z, untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam membangun bangsa.

BACA JUGA :   Andap Budhi Revianto Lantik Pj Bupati Buton, Busel dan Buteng

Pj. Gubernur menutup sambutannya dengan mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong dan berkolaborasi dalam menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa. Pengamalan nilai-nilai Pancasila menjadi kunci untuk mencapai Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Upacara dihadiri oleh Forkopimda TK.I Sultra, Pimpinan Kementerian/Lembaga Sultra, Para Komandan TNI se-Sultra, Staf Ahli Gubernur Sultra, Asisten Sekda Sultra, Kepala Biro Setda Sultra, Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sultra, Para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Sultra.

Peringatan Hari Lahir Pancasila diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam diri setiap individu bangsa Indonesia. (*)