Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball, Meninggal Dunia

142
Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball, Meninggal Dunia
Akira Toriyama, pencipta manga Dragon Ball. (Foto: Istimewa)

LENSATENGGARA.COM – Dunia manga dan anime berduka atas meninggalnya Akira Toriyama, pencipta serial legendaris Dragon Ball, pada usia 68 tahun.

Dilansir dari detik.com, Toriyama dikabarkan meninggal pada tanggal 1 Maret 2024 karena hematoma subdural akut. Kabar ini baru diumumkan kepada publik pada tanggal 8 Maret 2024, sesuai permintaan almarhum.

Dragon Ball, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985, menceritakan petualangan Goku dan kawan-kawan dalam mengejar bola Naga yang dapat mengabulkan keinginan. Serial ini menjadi salah satu manga dan anime paling terkenal di dunia, dan telah menginspirasi banyak orang.

Toriyama terus berkarya hingga usia tua, bahkan terlibat dalam film terbaru Dragon Ball Super: Super Hero. Dia dianggap sebagai salah satu sosok paling berpengaruh di dunia manga dan anime.

Website Dragon Ball mengumumkan kematiannya dengan pernyataan: “Kami sangat sedih untuk memberi tahu Anda bahwa pencipta manga Akira Toriyama meninggal pada tanggal 1 Maret karena hematoma subdural akut. Dia berusia 68 tahun.”

Pengumuman tersebut juga menyebutkan bahwa Toriyama masih memiliki beberapa karya dan masih banyak hal yang ingin dia capai.

Toriyama dimakamkan secara tertutup sesuai permintaannya. Pihak keluarga menolak bunga, bingkisan duka cita, kunjungan pelayat, dan wawancara dari media.

Karya Toriyama, Dragon Ball, telah menjadi mahakarya yang mendunia. Dimulai dari manga, berkembang menjadi anime, dan juga berbagai produk teknologi seperti game console, game mobile, dan banyak lagi.

Netizen pun langsung merespons dengan ucapan duka yang mengalir di media sosial seperti Twitter. (*)