DPRD Kendari Terima Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

119
DPRD Kendari Terima Rancangan Awal RPJPD 2025-2045
DPRD Kota Kendari menggelar rapat paripurna dengan agenda penjelasan Pj. Walikota Kendari Muhammad Yusup tentang rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kendari tahun 2025-2045, Selasa (16/1/2024). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM,KENDARIDPRD Kendari menggelar rapat paripurna dengan agenda penjelasan Pj. Walikota Kendari Muhammad Yusup tentang rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kendari tahun 2025-2045.

Dalam penjelasannya, Pj. Walikota Kendari Muhammad Yusup mengatakan, pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional sekaligus merupakan bagian dari pelaksanaan pemerintah daerah.

“Pada pelaksanaannya daerah harus memanfaatkan kearifan lokal, potensi, inovasi, daya saing dan kreativitas untuk mencapai tujuan pembangunan dalam rangka mewujudkan efektifitas pembangunan daerah dan mendukung pencapaian target pembangunan,” ujarnya.

BACA JUGA :   DPRD Kendari Rutin Gelar Aksi Bersih-Bersih Kota Mendukung Pencegahan Banjir

“Untuk memastikan proses pembangunan tersebut berjalan dengan baik, menghasilkan output dan outcome bagi masyarakat, maka tentu sangat didukung adanya dokumen perencanaan yang baik yang dihasilkan dari sebuah proses penyusunan secara transparan, responsif, efisien, akuntabel, partisipatif, terukur berkeadilan dan berwawasan lingkungan,” tambahnya.

Selanjutnya, beliau juga mengatakan, perencanaan jangka panjang akan memberikan seluruh arahan bagi seluruh elemen masyarakat, tidak hanya pemerintah saja.

“Ini juga sesungguhnya bagian dari apa yang kami lakukan hari ini, kami berkomitmen untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mempunyai kegiatan strategis di Kota Kendari,” pungkasnya.

BACA JUGA :   Kasus DBD di Kendari Tertinggi di Sultra, DPRD Dorong Hidup Bersih

Rapat paripurna tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dokumen rancangan awal RPJPD Kota Kendari tahun 2025-2045 dari Pj. Walikota Kendari kepada Ketua DPRD Kota Kendari.

Dengan diserahkannya dokumen rancangan awal RPJPD Kota Kendari tahun 2025-2045 tersebut, maka DPRD Kota Kendari akan melakukan pembahasan lebih lanjut untuk menentukan arah pembangunan Kota Kendari dalam jangka panjang. (*)