ERB Sultra 2024 “Maimo Cinta Rupiah” Digelar untuk Jaga Kedaulatan Rupiah di Wilayah 3T

66
ERB Sultra 2024
Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara "Maimo Cinta Rupiah" resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio, yang mewakili Pj. Gubernur, di Pangkalan TNI AL Sultra, pada hari Jumat (3/05/2024). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – ERB Sultra 2024 – Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara “Maimo Cinta Rupiah” resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio, yang mewakili Pj. Gubernur, di Pangkalan TNI AL Sultra, pada hari Jumat (3/05/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama dalam menjaga kedaulatan rupiah, khususnya di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) di Sulawesi Tenggara.

Sekda Sultra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, terlebih lagi karena bertepatan dengan HUT ke-60 Sulawesi Tenggara. Beliau berharap melalui ERB ini, kedaulatan rupiah dapat semakin terjaga dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama di wilayah 3T.

BACA JUGA :   Pj Gubernur Sultra Pimpin Gelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan TPS untuk Pemilu 2024
ERB Sultra 2024 akan menyasar lima pulau di Wakatobi, yaitu:
  • Pulau Wangi-wangi
  • Pulau Kaledupa
  • Pulau Tomia
  • Pulau Binongko
  • Pulau Runduma

Kondisi geografis dan keterbatasan akses menjadi tantangan tersendiri untuk menjangkau pulau-pulau tersebut. Namun, pemerintah Sultra berkomitmen untuk mendukung konektivitas dan memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar di seluruh wilayahnya.

Selain mengedarkan uang layak edar, ERB Sultra 2024 juga akan melaksanakan berbagai kegiatan pendukung lainnya, seperti pembagian bantuan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di bidang kesehatan dan pendidikan.

BACA JUGA :   Pj Gubernur Sultra Salat Id di Masjid Raya Al-Kautsar, Sampaikan Permohonan Maaf dan Motivasi

Direktur Departemen Pengadaan Uang BI, Faris Budiawan, menyampaikan bahwa ERB ini dilaksanakan di 18 provinsi di Indonesia, dengan target 90 pulau di kawasan 3T. ERB Sultra 2024 merupakan ERB ke-4 yang dilaksanakan, setelah sebelumnya di Kaltara, Sumatera Barat, dan Maluku.

Diharapkan dengan ERB ini, distribusi uang layak edar dapat semakin merata dan peredaran uang lusuh dapat dikurangi. Hal ini akan mendorong proses ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah 3T. (*)