Hari Pers Nasional 2024: Mengusung Tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”

37
Hari Pers Nasional 2024: Mengusung Tema
Logo Hari Pers Nasional 2024

LENSATENGGARA.COM – Tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Peringatan HPN tahun ini mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Tema ini dipilih sebagai refleksi peran penting pers dalam mengawal transisi kepemimpinan nasional di tahun 2024, di mana Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden. Pers diharapkan mampu menjadi pilar demokrasi yang kritis dan konstruktif dalam menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang kepada publik, serta menjaga kondusifitas bangsa di tengah kontestasi politik.

Sejak didirikan pada tanggal 9 Februari 1946, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai organisasi pers tertua di Indonesia telah memainkan peran vital dalam perjalanan bangsa. Pers Indonesia telah berkontribusi dalam memperjuangkan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan, dan mengawal reformasi.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan AHY Jadi Menteri ATR

Di era digital saat ini, pers dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti maraknya hoaks dan misinformasi. Di tengah situasi ini, pers dituntut untuk terus beradaptasi dan berinovasi, serta tetap mengedepankan profesionalisme dan kode etik jurnalistik.

Sejarah Singkat Hari Pers Nasional

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari untuk mengenang Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). PWI didirikan di Surakarta pada tanggal 9 Februari 1946, sebagai wadah bagi para wartawan di Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan profesionalisme jurnalistik.

Pada tahun 1978, Kongres PWI ke-28 di Padang memutuskan untuk menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional. Keputusan ini kemudian disahkan oleh Presiden Soeharto melalui Keppres Nomor 5 Tahun 1985.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan AHY Jadi Menteri ATR

Sejak saat itu, HPN diperingati setiap tahun dengan berbagai kegiatan, seperti seminar, workshop, pameran pers, dan pemberian penghargaan kepada insan pers yang berprestasi.

Tema Hari Pers Nasional 2024 (HPN):

Seperti dilansir akun resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Tema Hari Pers Nasional 2024 adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Download Logo Hari Pers Nasional 2024 :
Link Download Logo HPN 2024

Pers Indonesia diharapkan mampu menjadi pilar demokrasi yang kritis dan konstruktif dalam mengawal transisi kepemimpinan nasional di tahun 2024.

Pers harus terus beradaptasi dan berinovasi, serta tetap mengedepankan profesionalisme dan kode etik jurnalistik di era digital.

Pers harus bersatu dan memperkuat perannya dalam menjaga keutuhan bangsa. (*)