Pj Gubernur Sultra Ingatkan Tantangan Ekonomi Global dan Daerah

208
Pj Gubernur Sultra Ingatkan Tantangan Ekonomi Global dan Daerah
Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol Andap Budhi Revianto saat apel gabungan di Halaman Kantor Gubernur Sultra pada Senin, (6/10/2023). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol Andap Budhi Revianto, mengingatkan para pejabat daerah dan seluruh masyarakat Sultra untuk mewaspadai berbagai tantangan ekonomi global dan daerah yang saat ini tengah terjadi.

Dalam arahannya pada apel gabungan di Halaman Kantor Gubernur Sultra pada Senin, (6/10/2023), Pj Gubernur Sultra menyoroti beberapa poin penting, yaitu:

Ketidakpastian dalam ekonomi global, terutama terkait dengan kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, yang berdampak langsung pada mata uang rupiah dan harga solar di Indonesia.

Perubahan iklim, yang diperkirakan akan mengurangi produksi beras dan berdampak pada harga beras di dalam negeri.

Implikasi dari Perang Ukraina dan Rusia serta serangan terhadap Palestina, yang memengaruhi kondisi ekonomi Indonesia, terutama dalam hal pasokan gandum, beras, dan bahan bakar minyak.

BACA JUGA :   Sekda Sultra Tinjau Logistik Pemilu di Muna Barat, Pastikan Kesiapan Distribusi dan Antisipasi Cuaca Buruk

Pj Gubernur mengingatkan para pejabat daerah untuk memantau harga-harga di pasar dan stok pangan di daerah mereka serta melakukan langkah-langkah intervensi jika harga pangan terlalu tinggi. Ia juga menekankan pentingnya menghindari rutinitas administrasi dan fokus pada upaya penanganan masalah ekonomi.

Selain itu, Pj Gubernur Sultra juga membahas upaya digitalisasi layanan publik dan reformasi birokrasi, termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Pj Gubernur mengunjungi berbagai daerah di Sulawesi Tenggara untuk melakukan langkah-langkah intervensi guna menekan inflasi, termasuk memangkas birokrasi dalam distribusi pangan. Ia juga menegaskan komitmennya dalam menjalankan amanah dengan semangat dan disiplin.

Pj Gubernur juga menguraikan tujuh atensi yang diberikan oleh Presiden RI, yaitu kendali inflasi, antisipasi dampak super El-Nino, dukungan pada investasi, alokasi anggaran stimulus ekonomi dan bantuan sosial, dukungan terhadap program prioritas pemerintah, dukungan kepada penyelenggara pemilu, dan evaluasi kinerja.

BACA JUGA :   Pemprov Sultra Terima Kuota CPNS dan PPPK 2024 Sebanyak 7.497 Orang

Pj Gubernur Sultra menekankan bahwa tindakan yang diambil oleh pemerintah daerah harus selaras dengan kebijakan nasional, dan semua pihak harus berkolaborasi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pj Gubernur juga mengingatkan tentang pentingnya netralitas ASN dalam tahun politik dan menjaga kerukunan masyarakat. Ia menegaskan bahwa semua langkah-langkah yang diambil bertujuan untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara.

Apel gabungan ini menjadi forum penting untuk berdiskusi tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam menghadapi tantangan ekonomi dan global saat ini, serta memastikan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara tetap terjaga. Pj Gubernur Sultra berkomitmen untuk terus bekerja keras demi kemajuan daerah ini, dengan dukungan semua pihak.(*)