Sekda Sultra Tinjau Logistik Pemilu di Muna Barat, Pastikan Kesiapan Distribusi dan Antisipasi Cuaca Buruk

35
Sekda Sultra Tinjau Logistik Pemilu di Muna Barat, Pastikan Kesiapan Distribusi dan Antisipasi Cuaca Buruk
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio, melakukan peninjauan kesiapan logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Muna Barat, Sabtu (03/02/2024). (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM, MUNA BARAT – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio, melakukan peninjauan kesiapan logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Muna Barat, Sabtu (03/02/2024).

Dalam kunjungannya, Sekda Asrun Lio didampingi oleh Pj. Bupati Muna Barat, Sekda Muna Barat, dan Komisioner KPU Muna Barat. Sekda menekankan pentingnya koordinasi dengan BMKG untuk memetakan potensi cuaca buruk di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jangan sampai pada hari H terjadi potensi banjir atau genangan air yang akan bertahan tiga sampai lima jam di lokasi TPS,” ujar Sekda Asrun Lio.

BACA JUGA :   UMP Sultra 2024 Naik 4,60 Persen Jadi Rp2,8 Juta

Sekda juga mengingatkan agar pendistribusian logistik pemilu di wilayah-wilayah kepulauan di Muna Barat diantisipasi dengan matang. Hal ini untuk menghindari terjadinya pemilihan ulang di daerah yang rawan bencana cuaca buruk.

Kerjasama dengan Sekolah untuk Suksesnya Pemilu

Sekda Asrun Lio kemudian mengajak para Kepala Sekolah di Kabupaten Muna Barat untuk bersama-sama mengawal suksesnya Pemilu 2024. Ia menawarkan solusi penggunaan gedung Sekolah sebagai TPS jika KPU kekurangan fasilitas.

“Apabila KPU kemungkinan kekurangan fasilitas, dapat menggunakan pinjam pakai gedung Sekolah untuk dipakai menjadi TPS. Saya meminta para Kepala Sekolah untuk mengizinkannya,” ungkap Sekda.

BACA JUGA :   Stok Beras Aman Jelang Ramadan, Pj Gubernur Sultra Instruksikan Kontrol Distribusi
Tahapan Pengelolaan Logistik Pemilu

Sekda Asrun Lio juga mengapresiasi progres tahapan pengelolaan logistik Pemilu di Muna Barat yang telah menyelesaikan beberapa tahap, yaitu:

  1. Pengadaan kebutuhan logistik
  2. Perakitan kotak suara
  3. Pengesetan formulir
  4. Sortir lipat surat suara
  5. Pengepakan dan pengecekan isi kotak suara

Pendistribusian logistik Pemilu di Muna Barat rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2024. (*)