Untung Cahyono, Khatib Idul Fitri di Bantul Minta Maaf Usai Singgung Pemilu Saat Khutbah

59
Untung Cahyono, Khatib Idul Fitri di Bantul Minta Maaf Usai Singgung Pemilu Saat Khutbah
Untung Cahyono, khatib yang bertugas di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul saat Salat Idul Fitri beberapa hari lalu, menyampaikan permohonan maaf atas ceramahnya yang menyinggung pemilu yang menyebabkan viral di media sosial. (Foto : Istimewa)

LENSATENGGARA.COM – Untung Cahyono, khatib yang bertugas di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul saat Salat Idul Fitri beberapa hari lalu, menyampaikan permohonan maaf atas ceramahnya yang menyinggung pemilu yang menyebabkan viral di media sosial.

“Dengan tegas saya memohon maaf karena telah membuat warga menjadi mungkin terganggu dengan pandangan kami,” ujar Untung, Sabtu (13/4/2024).

Ia mengakui kesalahannya dan akan melakukan introspeksi diri serta mengkoreksi kesalahannya. Untung menyadari bahwa berbicara di depan banyak orang, terlebih dalam forum sebesar Salat Id, harus dilakukan dengan hati-hati karena persepsi setiap orang berbeda-beda.

“Jemaah yang hadir tidak hanya dari satu RT, tetapi juga dari kalurahan lain. Oleh karena itu, penting bagi saya untuk meminta informasi kepada tokoh masyarakat sebelum berbicara,” jelas Untung.

Baca Juga : Jamaah Salat Idul Fitri Membubarkan Diri Usai Khatib Khotbah soal Pemilu Curang

Lebih lanjut, Untung juga menekankan pentingnya mencermati materi ceramah dengan seksama sebelum disampaikan.

Peristiwa ini menjadi pelajaran penting bagi Untung untuk lebih berhati-hati dalam menyampaikan ceramah di masa depan. Ia berharap kejadian ini tidak terulang kembali dan umat Islam dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh khusyuk. (*)