Gubernur Sultra Ali Mazi Melantik Pj Bupati Buton dan Kolut

25
Gubernur Sultra Ali Mazi Melantik Pj Bupati Buton dan Kolut
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi melantik dua penjabat bupati, yakni Sukanto Toding sebagai Penjabat Bupati Kolaka Utara dan La Ode Mustari sebagai Penjabat Bupati Buton, di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (5/9/2023). (Foto : istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi melantik dua penjabat bupati, yakni Sukanto Toding sebagai Penjabat Bupati Kolaka Utara dan La Ode Mustari sebagai Penjabat Bupati Buton, di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (5/9/2023).

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.3-3216 Tahun 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.3-32167 Tahun 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Buton Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ali Mazi dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur karena dipenghujung masa jabatannya sebagai Gubernur, masih sempat menjalankan tugasnya melantik dua penjabat bupati tersebut.

“Saya sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, ditengah-tengah pengabdian saya, saya bersyukur karena hari ini, tanggal 4 September dan saya berakhir tanggal 5 September, masih menyempatkan melantik Pejabat Bupati Buton dan Pejabat Bupati Kolaka Utara,” ucapnya.

Gubernur Sultra Ali Mazi Melantik Pj Bupati Buton dan Kolut

Ali Mazi berharap kepada kedua penjabat bupati yang dilantik, untuk senantiasa bekerja sama dengan Forkopimda di daerahnya masing-masing, sehingga dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan negara serta menjalankan amanah rakyat berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA :   Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Sultra Berakhir 30 September 2023

“Harus bisa memastikan semua urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berjalan sesuai ketentuan dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Pastikan semua masyarakat yang saudara pimpin merasakan pelayanan maksimal dari pemerintah, dan menikmati hasil-hasil kebijakan atau program pembangunan di daerah, serta dorong semua komponen masyarakat wilayah untuk selalu menciptakan kondisi wilayah dan masyarakat yang aman, tentram, tertib dan damai,” ungkapnya.

Selain itu, Gubernur juga berharap agar kepada kedua pejabat tersebut, agar membina aparatur birokrasi di lingkup pemerintah daerah yang dipimpin untuk senantiasa bekerja secara profesional dan penuh integritas dalam hubungan yang harmonis dan saling mendukung untuk kelancaran tugas masing-masing, serta senantiasa menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis dalam kaitannya dengan penyelenggaran pemilu tahun 2024 yang akan datang.

BACA JUGA :   GPM Sultra Disambut Antusias Masyarakat

“Saudara bukanlah pengurus partai, dan saudara bukan politisi. Saudara adalah abdi negara. Aparatur Sipil Negara yang ditempatkan untuk menjalankan tugas-tugas di tengah kekosongan Bupati defenitif. Mudah-mudahan amanah ini dilaksanakan dengan baik dan setulus-tulusnya. Pegang aturan itu,” tegasnya.

Gubernur Sultra Ali Mazi Melantik Pj Bupati Buton dan Kolut

Akhir sambutannya, Ali Mazi mengucapkan selamat atas pelantikan kepada masing-masing penjabat bupati dalam melaksanakan tugas barunya.

“Saya ucapkan selamat bekerja dan berkarya. Semoga kesuksesan menyertai saudara-saudara sekalian dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarkat, bangsa dan negara,” Tutup Gubernur.

Turut hadir dalam pelantikan ini diantaranya Ketua DPRD Prov. Sultra Abdurahman Saleh, Unsur Forkopimda Prov. Sultra, para Pejabat vertikal baik sipil maupun TNI/Polri, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi, Sekda Kabupaten Kolaka Utara, Sekda Kabupaten Buton, serta para Pejabat Daerah Kab. Kolaka Utara dan Kab. Buton dan turut hadir pula para keluarga pejabat yang dilantik.