Srikandi BUMN Goes to Campus: Membangun Kolaborasi antara UHO Kendari dan BUMN untuk Meningkatkan Pembangunan Berkelanjutan

180
Srikandi BUMN Goes to Campus: Membangun Kolaborasi antara UHO Kendari dan BUMN untuk Meningkatkan Pembangunan Berkelanjutan
Kegiatan yang bertemakan "Srikandi BUMN Goes to Campus," yang berlangsung di gedung Auditorium Universitas Halu Oleo, Kamis (14/9/2023). (Foto : istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menjalin kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan ini bertemakan “Srikandi BUMN Goes to Campus,” yang berlangsung di gedung Auditorium Universitas Halu Oleo, Kamis (14/9/2023).

Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Muhammad Zamrun Firihu, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari Srikandi BUMN Goes to Campus adalah memperkenalkan kepada komunitas akademik UHO bahwa perempuan juga memiliki potensi luar biasa.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman tentang Sustainable Development Goals (SDG).

“Jadi hari ini mereka datang ke kampus untuk memotivasi mahasiswa-mahasiswa kita untuk berkarya di BUMN. Itu yang pertama,” tambahnya.

Zamrun menyoroti perubahan positif dalam peran perempuan di BUMN selama 15-20 tahun terakhir. Pada masa itu, peran perempuan di perusahaan negara masih terbatas pada slogan semata. Namun, saat ini, banyak perempuan yang memiliki kapabilitas luar biasa telah menjadi pemimpin di BUMN di Indonesia.

BACA JUGA :   UHO Gelar Wisuda Perdana 2024, Kukuhkan 1.246 Alumni Gelombang Pertama

Zamrun juga mencatat bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami dengan lebih baik peran BUMN.

Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Muhammad Zamrun Firihu
Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Muhammad Zamrun Firihu

“Kami menyadari bahwa ada beberapa aspek mengenai BUMN yang mungkin belum diketahui oleh mahasiswa. Dengan kegiatan ini, mereka dapat memahami lebih dalam tentang BUMN dan merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik ketika mereka berkarier di BUMN,” jelasnya.

Salah satu direktur perusahaan BUMN dari Sumber Daya Manusia PT. Surveyor Indonesia, Lussy Ariani Seba, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah wadah bagi para “srikandi” BUMN yang berasal dari 26 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Universitas Halu Oleo dipilih karena memiliki potensi besar dalam mendukung pengembangan bisnis dan usaha BUMN.

BACA JUGA :   UHO Kendari Akan Gelar Wisuda Periode Oktober 2023 -Januari 2024

Lussy juga menegaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, terutama Sustainable Development Goals (SDG) yang diharapkan tercapai pada tahun 2030. “Kami berusaha mempercepat implementasi SDG dan mendorong mahasiswa untuk aktif berkontribusi dalam menjaga lingkungan, karena mereka adalah generasi emas yang akan menjadi pemimpin di masa depan,” tambahnya.

Selain menjalin kemitraan dengan BUMN, Universitas Halu Oleo Kendari juga menandai kerjasama dengan Telkomsel melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun Firihu, dan General Manager Mobile Segment GMT Telkomsel Area Pamasuka, Muhammad Asrullah. (*/)