DPRD Kendari Siap Bersinergi dengan Forkopimda Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Nyaman

39
rapat persiapan Pemilu 2024 yang diadakan di ruang rapat Wali Kota Kendari pada Selasa (6/2/2024). (Foto : istimewa)

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, menyampaikan harapannya agar pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, dan nyaman bagi semua pihak. Hal ini disampaikannya dalam rapat persiapan Pemilu 2024 yang diadakan di ruang rapat Wali Kota Kendari pada Selasa (6/2/2024).

“Kesuksesan pemilu jelas perlu peran semua pihak baik penyelenggara maupun masyarakat. Kita pun ingin semua nyaman dan damai,” ujar Subhan.

Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, mengapresiasi seluruh unsur yang telah melakukan persiapan jelang pemilu 2024. Ia berharap rapat koordinasi ini dapat membantu kelancaran pemilu di Kota Kendari.

DPRD Kendari Siap Bersinergi dengan Forkopimda Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Nyaman
Ketua DPRD Kendari, Subhan, saat menghadiri rapat koordinasi jelang pemilu 2024 di ruang rapat Wali Kota Kendari

“Saya berharap dengan adanya rapat ini, kita bisa melaksanakan pemilihan umum dan pilkada tahun 2024 di Kota Kendari secara aman, damai, dan nyaman,” ungkapnya.

Yusuf juga menjelaskan bahwa tahapan pemilu telah dimulai sejak 14 Juli 2022 dan saat ini memasuki masa kampanye tenang. Ia menekankan pentingnya mengikuti aturan dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022 untuk memastikan kelancaran pemilu.

BACA JUGA :   DPRD Kendari Minta Perumda Tarik Kembali PHK Karyawan

“Masuk dalam tahapan akhir masa kampanye tenang untuk Capres, Cawapres, anggota DPRD baik kota dan provinsi serta anggota DPR dan DPD RI. Jika kita cermati tahapan pemilu untuk tahun ini bukanlah waktu yang singkat, dimana segala sesuatunya sudah diatur dalam PKPU,” jelasnya.

Yusuf yang juga Kepala BPBD Provinsi Sultra menyampaikan, rapat koordinasi digelar untuk mendukung dan melaksanakan pemantauan dan bisa menyampaikan permasalahan serta bisa memberikan saran dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

DPRD Kendari Siap Bersinergi dengan Forkopimda Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Nyaman
Rapat persiapan Pemilu 2024 yang diadakan di ruang rapat Wali Kota Kendari pada Selasa (6/2/2024). (Foto : istimewa)

“Saya pun berharap kita dapat memastikan kesiapan penyelenggaraan pemilu dan pilkada tahun 2024 di Kota Kendari, sehingga dapat berjalan dengan aman dan damai, selain itu juga kita dapat mencegah terjadinya konflik internal antara peserta calon kepala daerah,” tuturnya.

BACA JUGA :   DPRD Kendari Terima Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

Ia menambahkan, pada forum ini pihaknya bisa mendesain rencana-rencana guna mencegah terjadinya konflik serta bisa memberi fasilitas kepada masyarakat pada saat pemilihan.

“Untuk itu, di Kota Kendari sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan tolak ukur bagi terselenggaranya pelaksanaan pemilu, kita harus ambil peran penting utamanya dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” katanya.

DPRD Kendari Siap Bersinergi dengan Forkopimda Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Nyaman
rapat persiapan Pemilu 2024 yang diadakan di ruang rapat Wali Kota Kendari pada Selasa (6/2/2024)

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Asisten I Setda Kota Kendari, Staf Ahli, Kabag Kesbangpol, Sekretaris Kominfo, Kabag Pemerintahan, Kadishub, Plt Satpol PP Kota Kendari, dan seluruh Forkopimda Kota Kendari.

Melalui rapat ini, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan Pemilu 2024 di Kota Kendari berjalan dengan aman, damai, dan sukses. (Adv)