Idul Adha Senin 17 Juni 2024, Kemenag Tetapkan Hasil Sidang Isbat

88
Idul Adha Senin 17 Juni 2024, Kemenag Tetapkan Hasil Sidang Isbat
Wakil Menteri Agama, RI Saiful Rahmat Dasuki

LENSATENGGARA.COM – Kabar gembira bagi umat Islam di Indonesia! Pemerintah resmi mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada tanggal Senin, 17 Juni 2024. Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada hari Jumat (7/6/2024).

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Agama, RI Saiful Rahmat Dasuki, dalam konferensi pers di Kementerian Agama. Beliau juga didampingi oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, perwakilan MUI, organisasi Islam, Komisi VIII DPR, dan duta besar negara sahabat.

Sidang Isbat yang Matang

Sidang isbat penentuan awal Zulhijah 1445 H berlangsung dengan matang dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait. Kemenag sebelumnya telah melakukan pemantauan hilal di seluruh wilayah Indonesia untuk memastikan waktu yang tepat untuk Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA :   KMP Mishima Tabrak Kapal Nelayan di Pelabuhan Bajoe, Tak Ada Korban Jiwa

Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya, menjelaskan bahwa hilal diprediksi akan terlihat pada malam 7 Juni 2024. Dengan posisi hilal yang cukup tinggi di seluruh wilayah Indonesia, memungkinkan hilal teramati di seluruh Indonesia.

Penentuan Berdasarkan Kesepakatan

Dalam penentuan tanggal Hijriah, Indonesia terikat pada kesepakatan Menteri-menteri Agama Negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). Selain derajat hilal, elongasi juga menjadi faktor pertimbangan dalam menentukan tanggal Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA :   Helikopter Presiden Iran Ditemukan, Tak Ada Korban Selamat
Kemenangan Iman dan Pengabdian

Idul Adha merupakan momen penting bagi umat Islam untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Hari raya ini menjadi simbol ketaatan dan pengabdian kepada Allah SWT.

Momen Idul Adha juga menjadi kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Umat Islam diajak untuk berkurban dan menyumbangkan daging kurban kepada mereka yang membutuhkan.

Mari sambut Hari Raya Idul Adha 17 Juni 2024 dengan penuh khusyuk dan sukacita. Jadikan momen ini sebagai pengingat untuk selalu taat dan bersyukur kepada Allah SWT.